Awal kuliah di kampung orang


Bagi saya Kuliah merupakan jenjang pendidikan yang wajib ditempuh bagi semua pelajar yang telah lulus dari bangku SMA. Bangku  adalah tempat yang banyak memberikan saya pengalaman, hidup sendiri jauh dari mama dan bapak, belajar menyesuaikan antara kemauan dan kemampuan, dan belajar mengendalikan emosi. Mengapa saya mengatakan demikian, karena sejujurnya saya tipe anak gadis yang manja, tidak pernah bepergian jauh, apalagi harus hidup terpisah dari orang tua dan ini hal yang paling sulit diawal perkuliahan, yah itu baru diawal. Saat kau harus jauh dari rumah, kemudian tinggal dipetakan kost dengan beberapa perlengkapan seadanya demi satu tujuan ingin Menuntut ilmu di kota orang atau di kampung orang.

  10  Hal yang harus dipersiapkan diawal perkuliahan bagi yang tinggal kost kosan:
1.  Kasur tidur
2.  Bantal tidur
3.  Kardus tempat baju
4.  Kipas angin
5.  Reskuker
6.  Beras
7.  Colokan panjang
8.  Hanger
9.  Obat anti nyamuk
10. Seprei

Selebihnya silahkan isi sendiri

Disini saya tidak akan menyebutkan asal usul saya, kampung saya, dan nama kampus saya. Disini saya hanya akan menyebutkan beberapa hal yang berkesan diawal masa perkuliahan versi saya.
1. Hidup sendirian, jauh dari mama dan bapak, mungkin beberapa orang menganggap hal itu biasa biasa saja,tetapi menurut saya,itu adalah hal yang luas biasa, mengapa?, karena apapun yang saya lakukan itu  tanpa bantuan orang tua, mulai dari bangun subuh, menyiapkan pakaian yang akan dipakai kekampus, membuat sarapan yang biasanya ibu sudah siapkan di meja makan, dan berangkat kuliah yang biasanya bapak yang antar kesekolah sekarang harus cari angkot atau paling tidak jalan kaki ke kampus kalo tidak sampai terlambat.
2. Hal yang berkesan selanjutnya yaitu belajar menyesuaikan antara kemauan dan kemampuan. Sebagai anak yang menganggap dirinya sudah dewasa membuat saya berpikiran bahwa kuliah tidak harus minta uang terus terusan sama orang tua, saat kuliah ada uang bulanan pas pasan yang diberi orang tua. Orang tua saya juga selalu mengingatkan kepada anak anaknya, untuk membeli hal hal yang sangat dibutuhkan saja. Sesuatu yang saya mau harus sesuai dengan kemampuan saya. Baik itu dalam bentuk barang atau makanan. Intinya saya harus lebih banyak menabung dan berhemat tanpa mengabaikan kesehatan. Karena yang saya ketahui adalah disaat kita hanya mengikuti kemauan tanpa melihat kemampuan itu sama saja dengan menyiksa diri.
3. Hal yang terakhir adalah mengendalikan emosi. Sebenarnya sampai sekarang saya masih belajar mengendalikan emosi, tapi diawal perkuliahan mungkin disitu saat yang paling susah mengendalikan emosi. Karena mengedalikan emosi adalah salah satu cara untuk menghadapi dosen dan mencari teman dalam artian cara kita bersosialisasi dengan aman. Saya sangat setuju dengan iklan snicker yang bilang “Lo rese kalo lagi laper”. Salah satu trik ampuh untuk mengendalikan emosi adalah perut harus dalam keadaan kenyang minimal terisi lah, alias tidak lapar. Jadi saran bagi mahasiswa dan calon mahasiswa  baik itu dikampus ada dosen atau tidak ada dosen, sebaiknya makan lah makanan terlebih dahulu sebelum berangkat ke kampus.

Kesimpulannya diawal-awal kuliah akan ada banyak pengalaman berharga yang setiap orang memiliki versinya masing masing, suatu kebanggan tersendiri telah menjadi mahasiswa. Bagi yang telah menjalani masa masa perkuliahan, kalian beruntung karena hal itu akan menjadi sebuah cerita klasik untuk masa depan, yang bisa kalian ceritakan ke kaum muda selanjutnya.


Share on Google Plus

About and_ikajustika

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar